3 months ago

Mungkin ada sebagian orang yang kurang mengetahui akan tanaman rumput mutiara. Tapi dalam dunia medis, manfaat rumput mutiara sudah sangat populer karena sering digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beragam penyakit.

Tanaman liar yang bernama latin Aldenlandia Corymbosa ini termasuk dalam jenis Rubiceae. Rumput mutiara dapat tumbuh subur di tempat yang sejuk dan tanah yang lembab. Biasanya mudah ditemukan di pekarangan rumah atau di pinggiran jalan.

Di beberapa daerah di Indonesia, ada banyak sekali nama untuk menyebut rumput mutiara. Diantaranya adalah tanaman lidah ular, katepan, rumput siku-siku dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sejak jaman dahulu, para nenek moyang kita sudah sering memanfaat rumput mutiara untuk mengatasi penyakit. kandungan senyawa yang terdapat didalamnya memiliki kemampuan untuk obat penyembuhan.

Cici-ciri dari tanaman rumput mutiara adalah tumbuh tegak dan ada sebagian yang tumbuh condong ke samping. Pada setiap sisi batangnya terdapat cambang yang tingginya bisa mencapai setengah meter.

Pada batang rumput mutiara terdapat sedikit sisik pendek dan bercabang. Daun rumput mutiara agak berukuran kurang lebih 3-6 cm dengan ciri ujung yang runcing dan memiliki tulang pada bagian tengahnya.

Kandungan senyawa yang terdapat pada rumput mutiara sangat banyak. Salah satu zat alami pada daun rumput mutiara yang berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker dan tumor adalah asam ursolat dan asam uleanolat.

Selain itu, di dalam rumput mutiara terdapat kandungan flavonoid dan iridoid yang berfungsi untuk melindungi organ hati agar tidak terjadi kerusakan yang disebabkan oleh bakteri radikal bebas.

Manfaat Rumput Mutiara Bagi Kesehatan

Selain berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit yang telah disebutkan diatas, ada banyak sekali manfaat rumput mutiara bagi tubuh. Berikut di bawah ini akan kami rangkum beberapa khasiatnya. Diantaranya adalah :

  1. Menyembuhkan penyakit hepatitis

Penyakit ini lebih populer dengan sebutan penyakit kuning. Penyakit hepatitis merupakan suatu keadaan dimana terjadinya peradangan pada hati atau liver. Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit hepatitis adalah sakit kepala, hilang nafsu makan, wajah dan kulit yang lain berwarna kuning, mata dan mulut juga ikut menguning.

Khasiat rumput mutiara dengan kandungan anti mikroba didalamnya memiliki kemampuan untuk mengatasi penyakit kuning atau hepatitis ini. Senyawa di dalam daun rumput mutiara mampu mengurangi terjadinya peradangan yang diakibatkan oleh virus.

  1. Mengobati infeksi saluran kemih

ISK atau infeksi saluran kemih merupkan jenis penyakit yang terjadi pada kantong kemih. Infeksi pada kandung kemih tersebut disebabkan oleh bakteri e coli dan escherichia. Penderita dari penyakit ISK ini lebih banyak para wanita bila dibandingkan dengan pria.

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwasanya di dalam rumput mutiara terdapat sifat diuretik alami yang mampu mengatasi masalah infeksi saluran kemih. Kemih yang terdapat di dalam kantong akan dibuang dan diluruhkan sehingga ginjal akan bisa bekerja dengan efektif.

  1. Melawan kanker rahim

Salah satu jenis kanker yang sangat mematikan dan banyak ditakuti oleh para wanita adalah kanker rahim. Bahaya kanker rahim sama saja dengan bahaya kanker payudara. Dan bahkan ada yang bilang bahwa kanker rahim lebih berbahaya bila dibandingkan dengan kanker payudara.

Dengan kandungan glikosida dan flavonoid pada rumput mutiara maka jenis kanker termasuk kanker rahim dapat segera diatasi. Pertumbuhan sel kanker akan dihambat dengan senyawa tersebut. Ekstrak rumput mutiara tersebut harus dikonsumsi setiap hari agar sel kanker tidak menyebar ke organ tubuh yang lainnya.

Cara Membuat Ramuan Rumput Mutiara

Sebenarnya, selain berfungsi untuk pengobatan beragam penyakit yang telah disebutkan diatas, khasiat dari rumput mutiara ini masih banyak lagi yang lainnya. Rumput mutiara merupakan obat herbal yang sangat luar biasa.

Cara mengolah rumput mutiara juga sangat mudah. Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah dengan biaya yang murah meriah. Cara paling sederhana adalah dengan mengambil 50 gram rumput mutiara yang masih segar dan kemudian cuci hingga bersih.

Lalu rebus rumput mutiara dengan 3 gelas air dan tunggu sampai mendidih. Diamkan beberapa saat hingga air rebusan tersisa 1,5 gelas saja. Angkat dan dinginkan. Minum air rebusan rumput mutiara tersebut 2 kali sehari selama 1 bulan berturut-turut.

Semoga artikel tentang manfaat rumput mutiara ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pengobatan alternatif yang murah dan aman tanpa efek samping.

← Penyebab Gigi Ngilu Dan Cara Mengatasinya Sewa Mobil Murah Di Malang →