about 1 month ago

Gigi yang mengalami rasa ngilu memang menjadi serba salah, sebab mau tidak mau saat kita ingin mengonsumsi makanan atau minunam maka akan terasa menyakitkan. Jika terus dibiarkan maka ini sangat mengganggu asupan makanan yang akan masuk ke dalam perut. Oleh karena itu diperlukan penanganan yang cepat dan tepat untuk mengatasinya.

Jika kita melihat di sekitar, tidak sedikit orang yang mengalami gigi ngilu tersebut. Ini merupakan gejala gigi sensitif dan biasanya terjadi saat kita mengonsumsi makanan panas atau dingin. Dan bahkan ada sebagian orang yang menderita gigi ngilu saat bernafat menggunakan mulut.

Penyebab Gigi Ngilu

Pada gigi terdapat lapisan yang berfungsi untuk melindunginya yang bernama enamel dan letaknya berada di atas gusi. Sedangkan yang berada di bagian akar gigi disebut lapisan sementum. Kedua lapisan tersebut berfungsi untuk melindungi bagian gigi yang bernama dentin, sebab dentin ini lebih tipis dibandingkan keduanya.

Dan jika semua lapisan gigi tersebut terkikis dan mulai menipis maka suhu dingin atau panas yang melewati gigi akan terasa hingga ke sel dan saraf gigi. Sehingga gigi menjadi sensitif dan merasakan rasa ngilu. Faktor penyebab gigi ngilu tersebut :

  1. Gosok gigi dengan keras

Banyak orang yang salah paham, bahwasanya menggosok gigi dengan keras efektif membersihkan kotoran pada gigi. Itu salah, malah justru itu dapat mengikis enamel gigi dengan cepat. Sebaiknya gunakan sikat gigi yang halus dan menggosokkannya secara perlahan agar tidak merusak lapisan pelindung gigi.

  1. Sering mengonsumsi yang asam

Jenis makanan dan minuman yang memiliki rasa asam tinggi juga dapat membuat gigi menjadi sensitif. Tentunya ini jika dikonsumsi secara berlebihan. Contohnya seperti lemon, jeruk dan tomat. Tak hanya buah yang memiliki rasa asam saja, permen makanan tinggi gula dan soda juga dapat memperburuk keadaan enamel gigi.

Untuk mengatasi masalah ini maka sebaiknya setelah Anda mengonsumsi semua jenis makanan tersebut maka lakukan gosok gigi, setidaknya 1 jam setelah mengonsumsi.

  1. Sering memakai obat kumur

Anda yang sering memakai obat kumur juga menjadi penyebab gigi ngilu. Ini disebabkan karena dalam obat kumur tersebut terdapat kandungan alkohol dan senyawa kimi yang membuat lapisan gigi mudah rusak sehingga menjadi sensitif.

  1. Bertumpuknya plak pada gigi

Penumpukan plak pada gigi juga menjadi penyebab utama gigi merasa ngilu. Lapisan enamel gigi akan menjadi jauh lebih tipis dan gigi menjadi sensitif dan ngilu.

  1. Adanya retakan pada gigi

Gigi yang retak menjadi penyebab gigi ngilu karena minuman dan makanan yang kita konsumsi akan masuk ke celah-celah gigi tersebut. Sehingga sarfat gigi akan merasa ngilu.

  1. Gigi berlubang

Penyebab yang ini hampir sama dengan retakan pada gigi. Adanya lubang pada gigi maka makanan panas atau dingin sangat mudah menyentuh saraf gigi. Oleh karena itu sebaiknya jaga kesehatan gigi agar tidak retak dan berlubang.

  1. Penyakit

Penumpukan plak pada gigi lama kelamaan akan menjadi sarang bakteri. Jika terus dibiarkan maka akan membuat infeksi pada gusi sehingga mengalami radang. Dan ujung-ujungnya akan membuat kerusakan pada jaringan gigi sehingga akan mengalami ngilu.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Dengan Mudah

Gigi sensitif yang menjadi penyebab timbulnya rasa ngilu pada gigi bisa Anda atasi dengan mengubah pola makan. Sebaiknya hindari semua jenis makanan asam yang dapat membuat lapisan enamel gigi menjadi tipis.

Atau Anda bisa memakai cara mengatasi gigi ngilu berikut ini :

  1. Desensitizing Toothpaste

Ini merupakan kandungan yang terdapat pada pasti gigi. Hampir semua dokter dan para pakar kesehatan menganjurkan menggunakan pasta gigi ini untuk mengatasi gigi ngilu. Biasanya dengan pemakaian yang rutin dan teratur maka rasa ngilu akan mereda dengan sendirinya.

  1. Gel Flourida

Gel yang satu ini juga sangat ampuh mengatasi gigi ngilu yang sensitif. Fungsinya adalah untuk memberi lapisan pada gigi agar semakin kuat.

  1. Gum Graft

Ini merupakan jalan medis untuk mengatasi gigi ngilu. Gigi akan di operasi dengan cara menambal bagian gusi yang telah hilang jaringannya. Ini berfungsi untuk menurunkan sensitifitas pada pada gigi.

  1. Root Canal

Khusus untuk gigi sensitif dengan tingkat keparahan sangat tinggi maka disarankan menggunakan root canal agar permasalahan pada gigi cepat berakhir.

Memang masalah pada gigi ngilu memang harus segera diatasi. Merasakan sakit gigi menjadikan emosi seseorang jauh lebih meningkat dan tentunya ini akan memperburuk keadaan. Mulai sekarang, rawat gigi dengan baik dan hindari semua penyebab gigi ngilu tersebut.

← Madu Diet Ath Thoifah, Produk Pelangsing Alami Manfaat Rumput Mutiara Bagi Kesehatan →