2 months ago

Pada artikel kesehatan kali ini saya akan membahas tentang penyakit asam urat, penyebab dan cara pencegahannya. Jenis penyakit persendian yang satu ini sering dialami oleh banyak orang, khususnya mereka yang telah mencapai usia menopause atau berusia diatas 40 tahun.

Para penderita asam urat biasanya akan mengalami rasa sakit dan nyeri pada persendian. Sehingga mereka akan kesulitas beraktifitas dalam sehari-hari. Agar lebih mudah cara penyembuhannya, berikut akan kami paparkan faktor penyebab asam urat.

Beberapa Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab utamanya adalah karena adanya tumpukan asam pada persendian yang berbentuk menyerupai kristal tajam. Inilah yang dapat menimbulkan peradangan pada persendian dan menyebabkan rasa sakit.

Bertumpuknya zat asam tersebut disebabkan oleh faktor makanan yang memiliki kadar zat purin sangat tinggi. Diantaranya adalah jeroan, kepiting, kerang, daging kambing dan lainnya. Tidak hanya itu, ada beberap jenis minuman yang juga menjadi penyebab asam urat, yaitu minuman yang memiliki kadar gula tinggi. Pola hidup tak sehat seperti sering mengkonsumsi alkohol juga menjadi pemicu penyakit asam urat.

Oleh karena itu, sebaiknya jika Anda ingin mencegah timbulnya penyakit asam urat maka sebaiknya hindari beberapa hal yang disebutkan diatas. Khususnya kepada para pria, sebab para lelaki memiliki kemungkinan lebih besar mengalami penyakit asam urat bila dibandingkan dengan kaum wanita.

Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala yang dialami oleh pasien penyakit asam urat adalah merasa kesulitan saat berjalan karena merasakan nyeri pada persendian. Biasanya terjadi pada telapak kaki, jari tangan, lutut dan siku.

Jika dibiarkan, maka lama kelamaan akan timbul pembengkakan dan rasa panas pada malam hari. Dan bahkan ada penderitanya yang mengalami kulit gatal dan mengelupas. Meskipun gejala ini dapat hilang dengan sendirinya, kita tidak boleh menganggap remeh agar kondisinya tidak menjadi parah.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Daun Salam

Ramuan alami yang dianjurkan untuk mengobati asam urat adalah daun salam. Kandungan yang terdapat didalamnya dipercaya mampu meredakan rasa nyeri pada persendian. Cara tradisional mengkonsumsi daun salam ini juga ampuh menghancurkan kandungan asam yang bertumpuk pada persendian.

Berikut cara pengobatan asam urat menggunakan daun salam :

• Siapkan daun salam secukupnya. Pilihlah daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Bersihkan daun salam tersebut menggunakan air yang mengalir.
• Kemudian rebus daun salam tersebut dalam sebuah panci yang berisi 3 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan airnya tersisa 1,5 gelas saja.
• Setelah itu saring air rebusan daun salam tersebut dan kemudian minum dalam keadaan hangat.
• Lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali setiap hari agar asam urat yang diderita bisa diatasi dengan segera.

Daun Kelor

The Miracle Tree, itulah julukan yang disebutkan pada daun kelor. Manfaat daun kelor bagi kesehatan, terutama untuk penyembuhan penyakit memang sangat luar biasa ampuh. Selain berfungsi untuk mengobati asam urat, daun kelor ini juga sangat efektif mengatasi serangan jantung, penyakit kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi yang lainnya.

Agar khasiat yang didapatkan dari daun kelor ini lebih maksimal, para ahli kesehatan menganjurkan mengkonsumsinya dalam bentuk kering bila dibandingkan dikonsumsi sebagai sayuran. Jadi anda bisa mengolah herbal daun kelor menjadi minuman teh.

Caranya adalah menyiapkan beberapa tangkai daun kelor dan keringkan selama beberapa hari tanpa terkena sinar matahari. Yaitu keringkan dengan sendirinya di tempat yang sejuk. Setelah kering, Anda bisa merebusnya menjadi minuman teh dan tambahakan sedikit madu agar rasanya lebih nikmat.

Daun Kumis Kucing

Cara alami berikutnya adalah memakai daun kumis kucing. Ini merupakan ramuan tradisional yang sudah dipraktekkan oleh para nenek moyang kita dan manfaatnya memang sangat luar biasa bagi penyembuhan penyakit asam urat.

Caranya adalah dengan mengambil segenggam daun kumis kucing dan cuci hingga bersih. Rebus dengan 3 gelas air dan diamkan hingga air rebusan menjadi 1 gelas saja. Terakhir konsumsi dalam keadaan masih hangat. Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari secara rutin agar mendapatkan khasiat yang optimal.

Selain 3 ramuna herbal yang disebutkan diatas, anda juga bisa memakai beberapa bahan alami lainnya seperti jahe merah, daun seledri dan daun sirsak. Ketiga bahan herbal tersebut juga sangat ampuh mengatasi penyakit asam urat dan bahkan dapat menghilangkan pembengkakan yang disebabkan oleh asam urat.

← Cara Mengobati Diabetes Dengan Mudah Pesona Wisata Pantai Di Malang Selatan →