5 months ago

Selain dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda bisa mengobati diabetes secara alami dengan menggunakan beberapa bahan alami yang murah dan mudah ditemukan di Indonesia.

Tingginya kadar gula dalam darah memang sangat penting untuk diturunkan agar Anda tidak mengalami diabetes. Dampak dan resiko dari penyakit diabetes juga sangat berat karena dapat memicu beberapa macam penyakit lainnya.

Oleh sebab itu, Anda harus berusaha dengan giat agar kadar gula bisa cepat turun ke angka normal. Selain melakukan pengobatan secara medis, Anda bisa mengobati diabetes dengan tanaman herbal sebagai alternatifnya.

Dengan mengkonsumsi secara rutin dan teratur, bukan tidak mungkin diabetes akan mudah diatasi. Tapi tentunya Anda harus menyelingi dengan rajin berolahraga supaya tubuh tetap sehat. Siapa sih yang tidak mau memiliki tubuh yang sehat dan bebas dari masalah?

Lalu tanaman herbal apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Jenis Tanaman Herbal Untuk Mengobati Diabetes

  1. Tapakdara

Tumbuhan yang bisa anda pakai untuk mengobati diabetes adalah tapak dara. Didalamnya terdapat kandungan zat alkaloid yang dapat merangsang produksi hormon insulin agar dapat menyebarkan gula darah ke seluruh sel tubuh.

  1. Bawang putih

Khasiat bawang putih sebagai bahan pengobatan herbal sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengobati dan mencegah penyakit diabetes.
Dalam bawang putih ditemukan kandungan zat allicin yang dapat meminimalisir produksi gula darah agar tidak berlebihan. Dan juga bawang putih berfungsi untuk mengedarkan gula darah ke semua sel dalam tubuh.

  1. Kayu manis

Para pakar kesehatan menyatakan bahwa manfaat kayu manis ini bukan hanya untuk mengatasi penyakit diabetes basah saja, tapi juga berfungsi secara efektif untuk menyebuhkan penyakit diabetes kering.

Dan yang paling penting dari kegunaan kayu manis adalah bahwa kayu manis tersebut dapat mencegah terjadinya komplikasi akibat diabetes. Oleh karenanya, sebaiknya Anda sering mengkonsumsi kayu manis supaya diabetes tidak memicu penyakit lainnya.

  1. Sambiloto

Sambiloto sangat kaya akan kandungan zat flavonoid sehingga sangat efektif mengatasi penyakit diabetes. Cara pengobatan diabetes dengan daun sambiloto adalah dengan merebus beberapa daun dengan air sampai mendidih. Dan minum air rebusan tersebut saat sudah dingin. Lakukan secara rutin dan teratur penuh kesabaran.

  1. Sarang semut papua

Senyawa flavonoid memang sangat ampuh untuk mengatasi penyakit diabetes. Dan tanaman yang kaya akan zat flavonoid adalah sarang semut papua. Zat tersebut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya.

Di pasaran sudah banyak orang yang menjual tanaman herbal dari tanah Papua ini. Ada yang jual sarang semut dalam bentuk kemasan berupa teh celup dan kapsul, tapi ada sebagian yang menjualnya saat masih mentah dalam bentuk irisan atau lempengan.

Cara mengobati diabetes dengan sarang semut papua adalah dengan merebus irisan tersebut hingga berubah seperti teh. Dan Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari sampai diabetes sembuh total.

  1. Kulit manggis

Dalam kulit manggis terdapat kandungan zat xanthone dan antioksidan yang tinggi. Dengan sering minum jus dari kulit buah manggis maka hormon insulin akan bekerja dengan efektif untuk menyalurkan gula darah ke dalam tubuh. Selain itu, antioksidan yang dikandungnya bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit mematikan.

  1. Ginseng

Ginseng juga merupakan tanaman herbal yang berkhasiat untuk mencegah dan mengobati diabetes secara alami. Anda dianjurkan meminum seduhan teh dari ginseng setiap hari dan badan pun terbebas dari letih dan lesu.

  1. Buncis

Salah satu jenis sayuran yang dapat mengobati diabetes adalah buncis. Sayur hijau ini mengandung stigmasterol dan sitosterol yang dapat meningkatkan energi di dalam tubuh.

Saat menjalani pengobatan dengan salah satu tanaman herbal yang telah disebutkan diatas, maka Anda harus menghindari beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebakan diabetes.

Jenis makanan yang harus dihindari tersebut adalah kue manis, minuman dalam kemasan kaleng, semua makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, makanan berlemak, nasi putih, daging merah, gorengan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu seiring berjalannya waktu, diabetes yang Anda derita akan sembuh dengan sendirinya. Atur pola makan yang baik supaya tubuh tetap fit dan bugar.

← Jenis-Jenis Madu Cara Mengobati Asam Urat →