5 months ago

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki hasil bumi yang sangat melimpah ruah. Salah satunya adalah madu. Ada banyak beragam jenis madu yang bisa ditemukan di Indonesia. Manfaat dan khasiatnya pun berbeda-beda antara madu yang satu dengan yang lainnya.

Ada madu yang digunakan untuk kesehatan, ada yang berguna bagi kecantikan kulit wajah dan ada juga jenis lainnya yang berfungsi untuk kehidupan pasangan suami istri. Kesimpulannya, madu tersebut memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Dan bahkan orang-orang kuno dahulu juga sudah mengambil manfaat dari bahan alami yang dihasilkan oleh hewan lebah ini.

Adanya beragam jenis madu ini disebabkan oleh sumber bunga yang diambil sarinya oleh lebah dan juga ekosistem dimana lebah tersebut tinggal. Proses produksi madu tersebut adalah lebah menghisap nectar dari beragam jenis bunga. Jumlahnya bunga tersebut bukan hanya ratusan saja, bahkan bisa mencapai ribuan jenis bunga. Itulah yang menjadikan madu tergolong dalam beberapa jenis.

Karena adanya ribuan macam tersebut maka menjadikan rasa, warna, tekstur dan khasiat dari madu tersebut juga sangat beragam. Madu dikelompokkan dalam beberapa jenis dan butuh kejelian untuk menentukan madu madu yang berkualitas dan mana madu yang kurang bermanfaat.

Sampai saat ini, para ilmuan dan ahli kesehatan masih belum mengetahui dengan pasti kenapa madu tersebut bisa memiliki beragam warna yang berbeda-beda. Tapi yang pasti, adanya perbedaan warna tersebut dikarenakan oleh adanya banyak necta bunga yang dihisap oleh lebah tersebut.

Yang paling utama adalah bahwasanya madu tersebut merupakan sumber alam yang memberikan banyak khasiat bagi kehidupan manusia. Dan bahkan tidak ada dampak negatif sama sekali.

Ada banyak perusahaan yang mencampur madu dengan bahan lainnya untuk merubah warna dan kandungan air yang terdapat didalamnya. Seperti perusahaan makanan, obat-obatan, produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan campurannya.

Di Indonesia sendiri, madu biasa dicampurkan ke dalam obat herbal sebagai pelengkap khasiatnya. Dan di kota-kota besar sudah banyak salon dan klinik kecantikan yang memanfaatkan madu sebagai scrub alami atau masker wajah untuk dioleskan supaya kulit bisa jadi awet muda, kencang dan meremajakan kulit secara keseluruhan.

Itulah sedikit penjelasan tentang manfaat madu bagi kehidupan manusia, baik untuk kecantikan atau kesehatan tubuh. Sekarang kita akan membahas tentang jenis madu yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Jenis-Jenis Madu

1. Madu campuran

Dinamakan madu campuran karena memang jenis madu yang satu ini terdiri dari beberapa jenis madu yang berbeda, kemudian diolah menjadi satu bagian. Bukan hanya warna dan rasanya saja yang berbeda tapi juga termasuk nectar bunga dan tempat asal madu tersebut. Madu campuran ini banyak berasal dari negara cina, amerika, argentian, turki, meksiko, madu arab dan india.

2. Madu monoflora

Yang dimaksud dengan madu monoflora adalah madu yang diperoleh dari 1 jenis bunga saja. Rasanya juga sangat beragam, tergantung pada jenis bunga apa yang dihisap oleh lebah tersebut.

3. Madu multiflora / poliflora

Madu jenis ini dihasilkan dari berbagai macam jenis bunga. Jenis madu multiflora memiliki khasiat lebih beragam karena sumber madu tidak hanya dihasilkan oleh 1 jenis bunga saja.

4. Madu embun (honey dew)

Madu ini berasal dari cairan yang mirip dengan madu dan banyak ditemukan pada kelopak bunga atau getah tanaman. Seperti contoh getah yang terdapat pada pohon pinus, kemudian dihisap oleh lebah dan dijadikan satu dengan madu nectar bunga.

5. Madu extraflora

Madu ini bukan berasal dari nectar bunga, tap melainkan dari kelopak atau batang bunga dan bisa juga dihasilkan dari daun.

Sumber Madu

Jika berbicara tentang sumber madu, maka dapat dibedakan menjadi 2 bagian. Yaitu :

1. Madu hutan liar

Madu ini didapatkan dari lebah yang hidup di hutan atau di alam liar. Biasanya terdapat di pegunungan tempat yang rimbun. Kualitas madu yang dihasilkan oleh madu hutan liar ini adalah yang terbaik karena tidak ada campur tangan manusia. Tapi untuk memperoleh madu hutan liar ini cukup sulit dan jika ingin membeli maka harganya sangat mahal.

2. Madu ternak

Madu jenis ini memang sengaja dibudidayakan oleh manusia dalam penangkaran. Madu yang dihasilkan juga bagus untuk kesehatan tubuh atau sebagai pengobatan penyakit. Dan di pasaran, madu ternak ini harganya cukup terjangkau.

Itulah beberapa penjelasan tentang jenis-jenis madu dan sumber madu. Semoga artikel kesehatan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

← Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Daun Seledri Cara Mengobati Diabetes Dengan Mudah →