about 2 months ago


Dalam dunia kesehaan, manfaat daun seledri lebih populer sebagai bahan alami untuk membantu menurunkan berat badan secara efektif. Tapi jika kita teliti lebih jauh, ternyata kegunaan daun seledri tersebut juga dapat mengobati beberapa jenis penyakit, salah satu penyakit darah tinggi.

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center mengungkapkan bahwa biji seledri mengandung diuretik alami untuk meredakan darah tinggi serta mengurangi tekanannya.
Jadi bagi Anda yang tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan kimia yang dibeli di apotik, maka sebagai alternatifnya bisa mengkonsumsi bahan herbal seperti daun seledri tersebut.

Cara tradisional menurunkan tekanan darah tinggi dengan daun seledri ini sudah berlangsung sejak lama. Orang-orang terdahulu sudah banyak yang mempraktekkan dan membuktikan kehebatan dari daun seledri tersebut.

Menurut para pakar kesehatan, kandungan apigenin pada daun seledri berfungsi untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah. Dan kandungan phthalides berkhasiat untuk mengendorkan otot-otot arteri serta membuat nyaman pembuluh darah.

Beberapa Kandungan Dalam Daun Seledri

Di Indonesia, daun seledri dijadikan bahan pelengkap masakan dan menambah aroma pada masakan agar terasa lebih lezat dan nikmat. Tapi berbeda dengan Indonesia, di Amerika atau Eropa daun seledri justru dijadikan bahan utama sebuah masakan.

Rata-rata orang amerika mengkonsumsi daun seledri minimal 6 pon dalam setiap tahunnya. Tentu jumlah ini jauh lebih banyak bila dibandingkan rata-rata yang dikonsumsi oleh orang Indonesia.

Kandungan kalori pada daun seledri terbilang cukup rendah. Jika kita mengambil seledri sebanyak satu gelas maka hanya ditemukan 20 kalori saja. Kandungan natrium pada seledri berkisar 104 mg.

Selain kandungan tersebut, di dalam daun seledri juga ditemukan vitamin C yang cukup banyak. Manfaat daun seledri dengan vitamin C-nya ini berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh supaya tidak mudah sakit.
Sebuah penelitan mengungkapkan bahwa kandungan dalam seledri tersebut bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Selain itu juga bermanfaat memperlancar aliran darah di dalam tubuh dengan cara meregangkan otot.

Cara Mengkonsumsi Daun Seledri

Agar tekanan darah tinggi anda cepat menurun maka konsumsilah daun seledri setiap hari secara rutin dan teratur. Anda bisa mengkonsumsi daun seledri yang masih mentah tanpa perlu dimasak.

Jika kurang suka dengan daun seledri mentah, Anda bisa membuat jus daun seledri. Minum 1 gelas jus seledri setiap hari maka itu dapat menurunkan tekanan darah tinggi anda hingga ke angka normal.

Tapi yang pasti, Anda harus tahan dengan aroma atau bau yang dikeluarkan oleh daun seledri tersebut. Terutama daun seledri mentah yang tidak melalui proses dimasak terlebih dahulu.

Efek Samping Daun Seledri

Sebenarnya mengonsumsi daun seledri tidaklah menimbulkan efek samping sama sekali. Daun seledri sangat aman dikonsumsi, asal dengan dosis yang tepat.

Seseorang harus hati-hati mengkonsumsi seledri jika sedang dalam kondisi :

• Bagi ibu yang sedang hamil atau dalam masa menyusui bayi, maka tidak disarankan mengkonumsi seledri sebagai obat herbal. Ini ditakutkan dapat mengganggu rahim ibu hamil yang berakhir pada keguguran.
• Anda yang sensitif dan merasa alergi pada tanaman atau herbal tertentu maka sebaiknya jangan mengkonsumsi daun seledri.
• Para penderita gangguan pendarahan tidak boleh mengkonsumsi seledri karana dikhawatirkan dapat meningkatkan resiko pendarahan tersebut.
• Gangguan ginjal bisa diobati dengan seledri asal jangan berlebihan dan harus sesuai resep dokter.
• Penderita tekanan darah rendah juga tidak diperbolehkan mengkonsumsi daun seledri karena ditakutkan membuat tekanan darah jadi semakin turun
• Untuk anda yang akan menjalani operasi atau baru selesai di operasi juga tidak boleh makan daun seledri. Sebab dikhawatirkan dapat mengganggu sistem saraf pusat.

Dosis Yang Tepat Mengkonsumsi Daun Seledri

Belum ada dosis yang tepat mengonsumsi seledri untuk mengobati penyakit hipertensi. Yang jelas, jika dikonsumsi secara berlebihan maka ditakutkan memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Jadi jika Anda ingin mengobati tekanan darah tinggi maka sebaiknya minum 1 gelas jus seledri saja perhari. Atau bila daun seledri diolah bersama masakan maka campurkan daun seledri maksimal 50 gram saja, jangan lebih.

← Cara Memutihkan Wajah Dengan Jeruk Nipis Jenis-Jenis Madu →