about 1 month ago

tips-menurunkan-berat-badan-dengan-nasi-merah.jpgMenu diet dengan nasi beras merah saat ini sudah tidak asing lagi. Banyak pusat kebugaran yang menyarakan mengkonsumsi beras merah jika ingin diet sehat dan cepat. Nasi beras merah ini dipercaya menurunkan berat badan secara aman dan efektif. Sudah para pejuang diet yang membuktikan diet nasi merah ini.

Nasi beras merah banyak memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan beras putih. Kandungan gizi dan nutrisi pada beras merah sangatlah beragam. Dan bahkan khasiat beras merah ini bukan hanya untuk diet saja, tetapi juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit diabetes, menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Perbandingan Beras Merah Dan Beras Putih

Ada beberapa keunggulang nasi merah dibandingkan dengan nasi beras putih sehingga menyebabkan banyak orang yang beralih pada beras merah. Antara lain :

  1. Beras merah tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan berlebihan sehingga nasi beras merah kaya akan serat, zat besi, zinc, kalium, mangan dan vitamin B.
  2. Fungsi kandungan serat pada beras merah dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, serta membantu menurunkan berat badan karena tubuh akan merasakan kenyang lebih lama.
  3. Beras merah juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima serta terbebas dari berbagai penyakit jahat.
  4. Khasiat vitamin B dalam beras merah bermanfaat untuk membentuk sel darah merah dan menjaga metabolisme karbohidrat.
  5. Nasi beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah bila dibandingkan dengan beras putih, Yaitu 50 berbanding 70. Ini artinya bahwa beras merah berguna untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil dan seimbang.

Cara Memasak Beras Merah Dengan Rice Cooker

Mengingat rasa beras merah yang kurang cocok dilidah, maka sebaiknya cara pengolahannya juga harus maksimal supaya bisa menggugah selera. Nasi beras merah tidak pulen dan terasa pera dilidah. Agar lebih lezat, berikut kami jelaskan resep cara memasak beras merah supaya enak dan nikmat.

  1. Cuci beras merah menggunakan air mengalir sampai benar-benar bersih dari kotoran.
  2. Kemudian rendam beras merah dalam air yang bersih selama setengah jam
  3. Masaklah beras merah menggunakan panci dengan perbandingan 3:1, yaitu 3 gelas air dan 1 gelas beras merah. Biarkan sampai airnya mendidih dan habis.
  4. Setelah itu kukus beras merah dalam rice cooker dan tambahkan alas daun pisang yang masih segar.
  5. Anda juga bisa menambahkan 1 lembar daun salam dan 1 lembar daun pandan pada kukusan beras merah dalam rice cooker tersebut.
  6. Diamkan hingga matang. Dengan cara tersebut maka beras merah akan terasa pulen dan menggugah selera. Selain itu, anda juga bisa memasak beras merah sekaligus dengan beras putih. Gunakan perbandingan 1:1 atau 2:1, yaitu 2 gelas beras merah dan 1 gelas beras putih. Ini dimaksudkan agar rasa beras merah bisa cocok dengan lidah dan terasa nikmat.

Resep menu diet nasi merah ini sebaiknya dihidangkan dengan lauk yang juga mendukung dalam program penurunan berat badan. Seperti lauk ikan bakar, telur rebus, tahu, tempe, sambal, sayur bening, lalapan sayur dan yang lainnya. Sebagai minuman penutup, maka konsumsilah jus buah-buah yang juga berguna untuk diet menurunkan berat badan seperti jus apel, jus jeruk, jus tomat dan lainnya.

Untuk mendukung program diet menu nasi merah tersebut maka rutinlah berolahraga. Ini untuk membantu membakar lemak di dalam tubuh. Olahraga secara teratur ini tidaklah harus yang berat. Anda bisa berolahraga dengan jalan kaki, berenang, relaksasi dan yang lainnya. Yang penting lakukan secara rutin setiap hari minimal 30 menit.

Perlu anda ketahui, harga beras merah juga sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan beras putih. Sebab sedikit sekali petani yang membudidayakan padi beras merah ini karena memang masih kurang peminat. Selain itu, proses penyimpanan beras merah tergolong sulit karena mudah rusak.

Namun dibalik kekurangan dari beras merah karena rasanya yang tidak pulen dan pera dilidah, banyak keunggulan dan kelebihan beras merah. Salah satunya adalah menjadikan menu diet nasi merah yang efektif dan efisien tersebut. Selain itu, beras merah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk mencegah agar tidak terkena penyakit diabetes.

← Tongkat Nikmat Madura Asli Sumber Madu Ramuan Madura Pembesar Payudara Paling Ampuh →