2 months ago


Tips Membersihkan Komedo Dengan Cepat - Timbulnya komedo di wajah kita kerapkali menyebabkan krisis kecantikan serta kepercayaan diri menurun. Titik-titik putih atau hitam yang menyumbat pori-pori ini tidak jarang bikin muka kita tampak kotor serta kusam.

Komedo merupakan pemicu timbulnya bibit jerawat, sebelum bakteri masuk ke pori-pori kulit serta menyebabkan infeksi ataupun peradangan. Facial di klinik kecantikan kerapkali menjadi pilihan utama untuk mengangkat komedo sampai bersih. Namun tentu itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jika anda mencari cara menghilangkan komedo yang murah, aman dan cepat, maka Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang berada di sekitaran rumah. Semua bahan alami penghilang komedo dan jerawat tersebut dijamin tidak memiliki efek samping negatif sama sekali.

Adanya komedo pada wajah disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti faktor keturunan, mengkonsumsi makanan berminyak, alkohol, sering merokok, pola hidup tidak sehat, begadang dan juga faktor hormon internal tubuh.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Cepat Dan Alami

Membersihkan komedo memanglah bukan perihal gampang. Tetapi, Anda dapat melakukan perawatan untuk menghindari munculnya komedo di wajah. Berikut beberapa tips cara menghilangkan komedo dengan cepat pada wajah yang dapat Anda praktekkan di rumah Anda.

1. Terapi Air Hangat

Lembabkan muka Anda dengan cara menggunakan kain basah hangat selama 10 menit tiap malam. Ini langkah ampuh untuk membantu memelepaskan sel kulit mati, kotoran, serta partikel yang lain yang menyumbat pori-pori. Tetapi, setelah itu janganlah lupa menyuci kain dengan air mendidih untuk membunuh bakteri dan kuman yang melekat.

2. Air Perasan Jeruk Nipis

Langkah lain yaitu membuat larutan air jeruk nipis, minyak almond serta gliserin. Pakai ramuan ini di wajah dengan cara dioleskan untuk mengusir komedo serta bintik-bintik penyumbat pori-pori di muka. Jauhi pemakaian kosmetik cream serta berminyak, dikarenakan bisa menyebabkan munculnya komedo di muka kita.

Untuk pembersih, pilihlah jenis pembersih yang lembut untuk kulit yang mudah terkena jerawat. Jauhi pemakaian masker yang memiliki kandungan mint, peppermint atau bahan iritasi lain, terlebih untuk kulit berminyak.

3. Oatmeal dan Yoghurt

Kedua makanan ini memang lebih populer untuk menyehatkan badan yang banyak mengandung serat dan karbohidrat kompleks. Namun jika oatmeal dan yoghurt digunakan sebagai masker wajah maka itu akan berkhasiat untung menghilangkan komedo. Caranya adalah mengoleskan campuran oatmeal dan yoghurt ke seluruh wajah, maka dalam hitungan hari komedo dan jerawat akan hilang.

4. Kayu Manis

Kayu manis memiliki sifat antiseptik yang sangat ampuh untuk mengusir bakteri penyebab timbulnya jerawat dan komedo. Namun sebelum menggunakan masker dari kayu manis ini, perhatikan jenis kulit anda, apakah sensitif atau tidak? Cobalah sedikit mengoleskan ke wajah, jika tidak terjadi apa-apa maka lanjutkan oleskan ke seluruh wajah secara merata.

5. Garam Dan Air Mawar

Caranya adalah mengambil kelopak bunga mawar dan rendam ke dalam air selama beberapa menit. Kemudian berikan 1 sendok garam dapur, lalu aduk hingga garam melebur dengan air. Setelah itu gunakan air tersebut sebagai masker dengan cara mengoleskan menggunakan kuas wajah. Hati-hati, jangan sampai terkena mata karena akan membuat perih.

6. Tepung Meizena

Ini adalah tepung yang terbuat dari jagung. Kandungan didalamnya memiliki sifat abrasif yang dapat mengikis sel kulit mati dan meregenerasi dengan sel kulit yang masih baru. Tepung maizena juga sangat ampuh untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga komedo dan jerawat akan sulit muncul di wajah.

7. Es Batu

Anda bisa membuat es batu dari air perasan jeruk nipis atau air perasan lemon. Lalu es batu yang terbuat dari air jeruk tersebut ditempelkan pada area wajah yang terkena komedo dan jerawat. Ini adalah cara ampuh untuk menghilangkan komedo dengan cepat dan alami.

8. Pasta Gigi

Anda juga bisa menggunakan pasta gigi mint karena banyak mengandung flouride yang berkhasiat untuk membersihkan sel kulit mati agar wajah terbebas dari komedo dan jerawat.

9. Teh Hijau

Kandungan dalam teh hijau memiliki sifat antioksidan alami yang dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat karena kotoran yang menempel pada minyak. Dengan menggunakan masker teh hijau dicampur dengan tepung maka kulit akan mulus, segar dan terbeas dari komedo dan jerawat yang membandel.

Terakhir, rawatlah wajah Anda secara teratur dengan membasuh memakai air setidaknya 2-3 kali dalam sehari. Selain itu seringlah mengganti sarung bantal yang kotor karena itu bisa menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab timbulnya jerawat dan komedo. Yang paling penting, janganlah nekat mengeluarkan paksa komedo dengan memencet sendiri ini dimungkinkan menyebabkan infeksi serta jerawat.

Tongkat Nikmat Madura Asli Sumber Madu →